• Didi Kurniadi Halim

Feasibility Study Mineral Processing (2)

Setelah pada tulisan sebelumnya membahas tentang beberapa aspek tentang penyusunan kajian feasibility study pengolahan mineral, pada tulisan kali ini Mister Konsultan akan sedikit memperdalam bagaimana salah satu aspek dalam kajian tersebut dilakukan.


Aspek pemasaran merupakan salah satu aspek yang harus dianalisis ketika sebuah produk akan diluncurkan atau akan diproduksi, jika tidak terlihat kemungkinan daya belinya maka sebagus apapun produk tersebut tentu tidak akan dapat terserap oleh "market".

Mister Konsultan secara tidak langsung bekerja dengan salah satu tim penyusun kajian feasibility study pengembangan pabrik pengolahan dan pemurnian bijih besi untuk aspek pemasaran.


Analisis aspek pemasaran yang dilakukan dengan mulai mengidentifikasi produk-produk yang mungkin dihasilkan dari proses pengolahan yang kemudian disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku saat itu. Pada saat kajian feasibility ini disusun yaitu pada tahun 2012, level minimum yang disyaratkan oleh Pemerintah Indonesia saat itu adalah bijih besi diolah menjadi sponge iron (besi spons), sehingga analisis produk yang akan diproduksi dalam kajian ini dimulai dari produk besi spons hingga produk bajanya itu sendiri.


Analisis aspek pemasaran mulai dengan mengidentifikasi berapa harga jual dari masing-masing produk pengolahan yang mungkin diproduksi, saat itu ditetapkan hasil pengolahan adalah:

  1. Besi Spons

  2. Baja Billet

  3. Baja Bar

selain identifikasi harga jual, juga dianalisis fluktuasi dari harga jual masing-masing produk ini karena harga jula ini yang akan dijadikan referensi dalam menentukan potensi pedapatan dari pabrik pengolahan mineral bijih besi ini.


Langkah selanjutnya dari analisis ini adalah melihat potensi jual, kemana saja produk bisa diterima (diserap) atau bagaimana market share dari masing-masing produk, karena jika market share dari salah satu produk ini kecil artinnyta mengindikasikan bahwa kemungkinan akan sulit untuk memasarkan produknya. Analisis juga bisa dilakukan melalui market outlook dari industri besi baja.


Output dari analisis ini adalah rekomendasi tentang pilihan produk akhir dari pabrik yang akan dibangun. Hasil analisis kemudian dijadikan oleh Mister Konsultan yang saat itu adalah PIC untuk analisis Keuangan sebagai acuan dalam meramalkan potensi pendapatan dari penjualan hasil pengolahan mineral bijih besi.


Bagi teman-teman yang berencana untuk membangun sebuah pabrik pengolahan dan pemurnian mineral, dapat menghubungi Mister Konsultan melalui email didikurniadihalim@gmail.com dan Mister Konsultan akan menyusunkan sebuah kajian yang tentunya dapat dijadikan referensi sebagai keputusan tentang feasibility pembangunan pabrik pengolahan mineral.

Never Miss a Post. Subscribe Now!

Silahkan tinggalkan Alamat Email untuk mendapatkan semua tulisan terbaru dari Mister Konsultan

atau hubungi Mister Konsultan melalui email

didikurniadihalim@gmail.com

  • Grey Twitter Icon