• Didi Kurniadi Halim

Feasibility Study Mineral Processing (5)

Melanjutkan tulisan Mister Konsultan tentang Feasibility Study, aspek selanjutnya yang akan dibahas yang tidak kalah pentingnya adalah aspek lokasi. Lokasi yang perlu dianalisis disini adalah lokasi dari segala aspek.

Analisis dari aspek lokasi yang dilakukan Mister Konsultan saat bekerja pada salah satu perusahaan konsultan di Bandung bekerjasama dengan pihak ketiga yang memang sudah terbiasa dan biasa melakukan survey dan mendapatkan informasi tentang lokasi.


Dikarenakan pabrik akan dibangun dengan lokasi di Sumatera Barat maka hal yang perlu diketahui dan berpengaruh terhadap kajian feasibility pembangunan pabrik pengolahan mineral adalah:

1. Harga tanah dan kewajiban dengan lingkungan sekitar

Pabrik yang akan dibangun, direncanakan akan dibangun di sekitar lokasi tambang, sehingga tidak perlukan investasi untuk pembelian tanah untuk pabri, namun jika berada diluar pabrik maka ini menjadi tambahan untuk investasi. Berikutnya yang perlu diperhatikan adalah lingkungan sekitar, setiap lokasi biasanya ada pimpinan adat atau suku sehingga mungkin saja ada tambahan biaya yang perlu diperhitungan sebagai biaya setiap produksi yang dihitung setiap ton produksi.


2. Akses pabrik dari dan menuju pelabuhan terdekat.

Produk jadi tentu akan dijual dan terlebih dahulu perlu dikirim kepelabuhan, perlu diperhitungkan berapa biaya yang diperlukan untuk mengirimnya, umumnya ada biaya per Km dan per ton nya dan juga perlu di cek biaya retribusi melewati jalan yang bukan jalan khusus tambang. Selain mengirimkan produk hasil produksi, tentunya saat pembangunan, peralatan-peralatan harus dibawa melalui melabuhan, kepastian akses ini cukup penting analisasnya.


3. Akses pabrik dari pengirim bahan baku ketika bahan baku utama berkurang

Skenario utama adalah bahan baku bijih besi tentunya langsung disuply dari tambang sendiri, namun tentu kedepannya juga perlu membeli bahan baku dari tambang-tambang sekitar apalagi dengan kebijakan peraturan ekspor dan dengan adanya satu-satunya pabrik pengolahan, maka para penambang akan menjual hasil tambangnya ke pabrik ini.


4 Ketersediaan utilitas disekitar pabrik

Ketersediaan utilitas disekitar sangat pending, utilitas disini diantaranya adalah listrik dan air. pengolahan bijih besi ini tentu akan menggunakan air dan tenaga listrik yang cukup banyak. Tim analisa lokasi harus dapatkan informasi tentang air, listrik ini karena jika ternyata kebutuhan listrik tidak bisa dipenuhi oleh kapasitas listrik yang tersedia, maka perlu dipertimbangkan tentang pemindahan lokasi pabrik ini.


Hasil laporan dari tim yang langsung survey ke rencana lokasi pembangunan pabrik akan dijadikan tambahan data untuk Mister Konsultan sebagai tim penyusunan kajian feasibility rencana pembangunan pabrik pengolahan mineral bijih besi.


Untuk pengusaha, investor pertambangan yang berencana membangun pabrik pengolahan mineral (tidak hanya bijih besi) silahkan menghubungi Mister Konsultan melalui email didikurniadihalim@gmail.com Tim dari Mister Konsultan akan menyusun kajian yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan tentang go or not go tentang pembangunan pabrik pengolahan mineral ini.

9 views
Never Miss a Post. Subscribe Now!

Silahkan tinggalkan Alamat Email untuk mendapatkan semua tulisan terbaru dari Mister Konsultan

atau hubungi Mister Konsultan melalui email

didikurniadihalim@gmail.com

  • Grey Twitter Icon