• Didi Kurniadi Halim

Feasibility Study Mineral Processing (6)

Setelah tertunda dikarenakan kesibukan mewabahnya Covid-19, akhirnya Mister Konsultan dapat meneruskan tulisan tentang Feasibility pembangunan pabrik pengolahan Mineral.


Pada artikel-artikel sebelumnya Mister Konsultan telah menulis aspek-aspek yang dibutuhkan dalam pembuatan kajian feasibility untuk membangun pabrik pengolahan mineral bijih besi menjadi baja.


Aspek terakhir yang mejadi pengumpul (hilir) dari semua hasil analisis setiap aspek yaitu aspek keuangan (financial). Tentunya setiap usaha/bisnis yang direncanakan tujuan akhirnya adalah bagaimana usaha/bisnis tersebut bisa men-generte keuntungan dan secara bertahap dapat mengembalikan semua modal yang telah dikeluarkan oleh investor/pemilik bisnis.


Mister Konsultan saat proyek ini dikerjakan merupakan PIC atas pengerjaan analisis dari aspek keuangan ini.

Sebgai PIC atas analisis ini langkah pertama yang dilakukan mengumpulkan semua hasil analisis pada studi-studi sebelumnya (pemasaran, material, lokasi, bahan baku, dll). Dalam kacamata keuangan, sebuah usaha/bisnis dikatakan layak (feasible) untuk dilaksanakan jika memenuhi bebeapa kriteria berikut:

  1. Pengembalian uang yang diinvestasikan (Payback Period), yang lamanya bergantung atas ketentuan pemilik usaha/bisnis

  2. Nett Present Value (NPV) yang merupakan nilai sekarang dari arus kas yang masuk dan nilai sekarang dari arus kas keluar pada sebuah waktu periode menghasilkan nilai yang besar dan positif.

  3. Laju Pengembalian/Internal Rate of Return (IRR) yang merupakan indikator tingkat efisiensi dari suatu investasi, menghasilkan nilai yang lebih besar dari pada laju pengembalian pada bisnis atau instrumen keuangan lainnnya.

satu faktor penting yang perlu diperhatikan dalam pembuatan analisis keuangan ini adalah bagaimana fleksibilitas dari analisis ketika diperlukan beberapa penyesuaian terhadap kondisi-kondisi yang mungkin terjadi seperti:

  1. Perubahan harga jual produk akhir, ini tentunya akan mempengaruhi potensi pendapatan yang akan diterima.

  2. Harga bahan baku, ini akan berpengaruh terhadap biaya produksi.

  3. Biaya-biaya operasional yang mungkin bisa berubah setiap tahunnya.

Untuk dapat menyesuaikan kondisi tersebut, Mister Konsultan mengerjakan analisis keuangan ini menggunakan bantuan program Excel dengan membuat sebuah formula-formula yang akan sangat memungkinkan perubahan-perubahan yang ingin dilihat.


Akhirnya proses penyusunan untuk kajian kelayakan pembangunan pabrik pengelohan mineral telah selesai, untuk pengusaha, investor pertambangan yang berencana membangun pabrik pengolahan mineral (tidak hanya bijih besi) silahkan menghubungi Mister Konsultan melalui email didikurniadihalim@gmail.com Tim dari Mister Konsultan akan menyusun kajian yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan tentang go or not go tentang pembangunan pabrik pengolahan mineral ini.



Never Miss a Post. Subscribe Now!

Silahkan tinggalkan Alamat Email untuk mendapatkan semua tulisan terbaru dari Mister Konsultan

atau hubungi Mister Konsultan melalui email

didikurniadihalim@gmail.com

  • Grey Twitter Icon