• Didi Kurniadi Halim

How to Retain Employees in 4.0 era

Beberapa artikel sebelumnya Mister Konsultan membahas tentang SDM Milenial, berdasarkan salah satu buku bacaan yaitu HRM 4.0 dijelaskan bahwa karakter SDM Milenial cukup sering berganti-ganti pekerjaan dengan rata-rata hanya bertahap hingga 2 tahun saja. Maka artikel kali ini Mister Konsultan akan membahas mengenai apa yang perlu dilakukan agar para SDM Milenial ini bertahan di organisasi/perusahaan kita.

SDM Milenial menurut Mister Konsultan merupakan orang-orang yang memiliki pemikiran cemerlang dan akan sangat bermanfaat bagi setiap organisasi/perusahaan, karena mereka-mereka ini akan mampu berinovasi untuk kemajuan organisasi/perusaaan tempat mereka bekerja.


Namun sayang sekali terkadang, sekalipun merke sudah ditawarkan sebuah gaji yang tinggi tapi karena mereka sudah tidak nyaman bekerja, mereka lebih memilih untuk meninggalkan organisasi/perusahaan. Maka berikut adalah beberepa tips yang menurut Mister Konsultan dapat dilakukan oleh para pelaku bisnis untuk mempertahankan SDM-SDM milenial ini.


1. Jadikan Partner Kerja

Di era Industry 4.0 ini struktur organisasi hanyalah sebagai syarat administrasi untuk melengkapi persyaratan-persyaratan administrasi dalam rangka mengurus perizinan dll. Akan tetapi pada kenyataannya, seharusnya para pelaku bisnis harus merangkul SDM-SDM milenial ini sebagai partner kerja untuk sama-sama memajukan organisasi/perusahaan. Ajak berdiskusi, dengarkan pendapat mereka,terima kritikan dari mereka jika memang pendapat mereka lebih baik dari kita. Dengan ini para SDM milenial ini akan merasa sangat dihargai di organisasi/perusahaan, mereka akan benar-benar merasa memiliki organisasi/perusahaan anda. Coba saja bayangkan, SDM milenial yang dipikirannya, banyak sekali inovasi-inovasi yang menurut mereka baik tapi karena kita sebagai pemimpin selalu merasa bahwa kitalah yang selalu benar maka cara-cara seperti ini hanya cocok pada eranya sedangkan sekarang sudah sangat tidak sesuai.


2. Berikan Kesempatan Berkembang/Mengembangkan Didi

Peluang untuk dapat meningkatkan kompetensi/keterampilan diri dalam sebuah perusahaan menjadi salah satu pertimbangan pagi SDM untuk memilih organisasi/perusahaan. Berikan kesempatan mereka untuk dapat berkembang melalui pelatihan-pelatihan yang nantinya bisa mereka gunakan untuk berkontribusi demi kemajuan organisasi/perusahaan.


3. Lingkungan Kerja yang Menyenangkan

Ada beberapa SDM yang sempat Mister Konsultan ajak diskusi, mereka menyatakan bahwa gaji bukan salah satu faktor utama mereka dalam memilih sebuah pekerjaan. Kenyamanan lingkungan kerja justru yang menjadi faktor utama mereka untuk tetap bertahan di sebuah organisasi/perusahaan. Ciptakan sebuah lingkungan kerja yang nyaman, dengan fasilitas-fasilitas bekerja, pikirkan desain ruang kerja mereka bayangkan jika kita bekerja diruang tersebut apakah kita akan siap berlama-lama duduk diposisi mereka dengan kursi dan meja, dengan fasilitas yang ada? inilah yang perlu menjadi pemikiran utama anda sebaga pelaku/pemilik usaha.


4. Perusahaan Dengan Visi yang jelas

Banyaknya saat ini startup merupakan angin segar bagi terbukanya lapangan kerja, namun tidak sedikit juga startup ini yang beguguran ditengah jalan karena ditinggal oleh SDM nya. kenapa bisa seperti ini? bisa saja disebabkan karena startup tersebut tidak memiliki vis yang jelas yang benar-benar diketahui setiap SDM nya. Jangan sampai visi, misi yang saat ini ada hanya sebagai hiasan dinding saja tanpa SDM-SDM ini tahu apa maksudnya atau bahkan apa yang tertulis di visi dan misi malah berbeda dengan implementasinya dilapangan.


Itulah tadi beberapa faktor yang perlu dijadikan perhatian bagi para pemilik/pelaku bisnis untuk dapat mempertahankan para SDM nya. Semua faktor-faktor ini berdasarkan beberapa pengalaman Mister Konsultan dalam mengelola SDM dan juga dari beberapa bacaan tentang pengelolaan SDM. bagi teman-teman yang ini menghubungi langsung Mister Konsultan, silahkan menghubungi Mister Konsultan melalui email di didikurniadihalim@gmail.com.

3 views
Never Miss a Post. Subscribe Now!

Silahkan tinggalkan Alamat Email untuk mendapatkan semua tulisan terbaru dari Mister Konsultan

atau hubungi Mister Konsultan melalui email

didikurniadihalim@gmail.com

  • Grey Twitter Icon