• Didi Kurniadi Halim

Strategy Alignment

Para pemilik usaha/bisnis terkadang lupa ketika menentukan apa yang menjadi tujuan/target organisasi/perusahaan dalam satu tahun kedepan, bahwa tujuan/target ini haruslah tersampaikan kepada seluruh pihak dalam organisasi/perusahaan agar sama-sama memiliki tujuan/target yang sama.

Peningkatan revenue dari Rp. X ke Rp. Y pada tahun 2020, Indeks Kepuasan Pelanggan Z skala likert, dan lain-lain, ini kurang lebih target-target yang ingin dicapai oleh organisasi/perusahaan. Tidak ada yang salah dengan target-target yang ditetapkan ini, akan tetapi beberapa pemilik usaha/bisnis atau top manajemen tidak mengkomunikasikan ini kepada setiap lini dalam organisasi/perusahaan agar mereka bekerja untuk sebuah target yang sama.


Mengkomunikasikan target dan sasaran organisasi/perusahaan akan membuat semua unit/departemen/fungsi/bagian menjadi sinkron atau align untuk mencapai target atau tujuan tersebut secara bersama-sama. Alignment akan memudahkan dalam monitoring dan keperluan improvement.


Melakukan alignment ini, dimulai dari merencanakan strategi perusahaan. Pada tulisan kali ini, Mister Konsultan tidak akan membahas bagaimana membuat strategi perusahaan, akan tetapi strategi perusahaan sederhananya disusun dengan mempertimbangkan faktor internal dan faktor eksternal melalui SWOT analisis yang kemudian di mapping ke 4 kuadran yang masing-masing kuadran menunjukan kondisi dari organisasi/perusahaan dan memberikan referensi strategi sesuai dengan posisi organiasi/perusahaan saat ini.


Metode lain dalam merumuskan juga dengan menggunakan model five forces porter, berdasarkan metode ini ada lima kekuatan yang menentukan intensitas persaingan dalam suatu industri, yaitu:

  1. Ancaman produk pengganti

  2. Ancaman pesaing

  3. Ancaman pendatang baru

  4. Daya tawar pemasok

  5. Daya tawar konsumen

Analisis five forces porter ini biasanya dilakukan bersama-sama dengan analisis SWOT. Pada tulisan kali ini penulis tidak akan membahas tentang bagaimana menggunakan kedua metode ini untuk menentukan strategi perusahaan, tapi bagi temen-temen yang tertarik bisa kontak saja Mister Konsultan.


Setelah strategi perusahaan ditentukan, tugas utama yang harus dilakukan oleh pemilik usaha/bisnis adalah memastikan bahwa strategi perusahaan itu diketahui oleh setiap individu di organisasi/perusahaan.


Ada beberapa praktisi yang mengatakan strategi perusahaan menentukan struktur organisasi yang sesuai untuk dapat mewujudkan pencapaian strategi dari organisasi/perusahaan ini, karena melalui strategi perusahaan tentunya dapat ditentukan jabatan-jabatan apa yang dibutuhkan dalam organisasi lalu bagaimana bentuk struktur organisasinya apakah divisonal, matriks, atau agile organisasi.


Setelah struktur organisasi disusun maka masing-masing jabatan perlu ditentukan tugas dan tanggung jawabnya sehingga strategi organisasi/perusahaan yang sebelumnya ditetapkan kemudian diturunkan ke setiap jabatana-jabatan tersebut sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya yang mendukung dengan ketercapaian strategi perusahaan melalui penetapan indikator-indikator kinerja yang sesuai dengan fungsinya dalam organisasi.


Sebagai contoh strategy alignment adalah:

Ketika strategi organisasi/perusahaan adalah growth biasanya yang menjadi prioritas adalah peningkatan pendapatan (revenue), peningkatan pendapatan ini harus diketahui oleh setiap individu di organisasi/perusahaan bahwa pada tahun ini organisasi/perusahaan ingin meningkatkan pendapatan.


Untuk bagian produksi tentunya kontribusi dalam peningkatan pendapatan adalah bagaimana jumlah produk yang diproduksi sesuai dengan permintaan dengan waktu penyediaan produk tersebut yang minimal (cepat), sehingga untuk bagian produksi indikator kinerjanya akan berkaitan dengan semua hal yang berkaitan dengan produksi bukan yang berkaitan dengan menjual produk karena itu bukan fungsi produksi dalam organisasi/perusahaan.


Dengan melakukan alignment ini maka jika terjadi hambatan tentang pencapaian strategi dari organisasi/perusahaan maka akan memudahkan pemilik usaha/bisnis untuk mengetahui akar permasalahan yang terjadi dan mudah dalam memutuskan tindak lanjutnya sehingga dapat segera diatasi.


Mister Konsultan pernah terlibat dalam penyusunan strategi perusahaan dan juga menyusun bagaimana memastikan alignment dari strategi tersebut keseluruh fungsi yang ada di organisasi, melalui pemograman sederahan dengan program Microsoft Excel berbasis macro. Bagi temen-temen yang membutuhkan dukungan dari Mister Konsultan berkaitan strategi dan alignmentnya ke seluruh fungsi dalam organisasi silahkan menghubungi Mister Konsutal melalui email didikurniadihalim@gmail.com dan Mister Konsultan akan menjadi partner setiap organisasi/perusahaan untuk merumuskan strategi dan alignment ke seluruh fungsi dalam organisasi/perusahaan.

Never Miss a Post. Subscribe Now!

Silahkan tinggalkan Alamat Email untuk mendapatkan semua tulisan terbaru dari Mister Konsultan

atau hubungi Mister Konsultan melalui email

didikurniadihalim@gmail.com

  • Grey Twitter Icon