• Didi Kurniadi Halim

Strategy Formulation With SWOT Analysis

Pada tulisan Mister Konsultan sebelumnya, disebutkan bahwa salah satu cara untuk memformulasikan sebuah strategi adalah dengan menggunakan SWOT. Kali ini Mister Konsultan akan sedikit mengupas tentang bagaimana SWOT analisis digunakan untuk memformulasikan sebuah strategi.

Mister Konsultan pernah terlibat menjadi salah satu tenaga ahli pada salah satu perusahaan BUMN untuk menganalisis dan memformulasikan strategi perusahaan. Saat itu Mister Konsultan terlibat bersama dengan bapak Prof. Dr. Ir. Dermawan Wibisono, M.eng dan bapak Harimukti Wandebori MBA, Phd.


Teknik yang dilakukan dalam penyusunan strategi perusahaan dengan SWOT dilakukan dengan melakukan kegiatan FGD/Workshop dengan mengundang para senior dalam perusahaan tersebut. Melakukan FGD/Workshop sangatlah efektif karena, yang kenal dengan perusahaan adalah orang-orang yang bekerja didalam perusahaan itu sendiri, sedangkan tim konsultan hanya pihak ketiga yang membantu mengarahkan agar tujuan tercapai.


Analisis SWOT adalah analisis yang dilakukan untuk melihat lingkungan internal dan eksternal dari sebuah perusahaan (environmental scanning). Dalam melakukan analisis atas lingkungan internal perlu dilakukan dengan pendekatan tangible dan intangible resources.


Beberapa Tangible resources yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Keuangan

  2. Organisasai (struktur organisasi)

  3. Fasilitas pendukung

  4. Teknologi

Sedangkan dalam sisi Intangible resources beberapa yang perlu dianalisis adalah:

  1. Sumber daya manusia

  2. Inovasi

  3. Reputasi

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut kemudian dijadikan sebagai panduan dalam melakukan FGD/Workshop sehingga scanning atas lingkungan internal akan lebih terarah. Strenght dan Weakeness merupakan faktor internal yang akan diidentifikasi kegiatan FGD/Workshop.


Pendekatan yang dilakukan untuk menganalisis lingkungan eksternal adalah dengan menggunakan Porter's Five Forces seperti digambarkan pada gambar berikut:

Dengan menggunakan bantuan dari Porters Five Forces akan lebih menajamkan analisis yang dilakukan untuk lingkungan eksternal dari perusahaan tersebut.


Setelah hasil scanning atas lingkungan internal dan eksternal dilakukan maka langkah berikutnya adalah bagaimana mengkuantifikasikan faktor-faktor internal dan eksternal tersebut. Metode yang Mister Konsultan lakukan saat itu adalah dengan memberikan bobot atas masing-masing faktor dan memberikan derajat kepentingan terhadap setiap faktor tersebut, mana yang lebih penting atau mana yang merupakan prioritas tertinggi. ketika hasil kuantifikasi faktor internal dan eksternal tersebut didapat, maka kuantifikasi faktor internal akan menjadi kordinat pada sumbu X dan kuantifikasi faktor eksternal adalah kordinat untuk sumbu Y.


Posisi mapping atas faktor internal dan faktor eksternal ini akan membantu perusahaan dalam menentukan grand strategy dari sebuah perusahaan, karena masing-masing kuadran dalam grafik XY nanti mewakili grand strategy yang berbeda-beda, yaitu:

  1. Kuadran 1 mewakili strategi pertumbuhan

  2. Kuadran 2 mewakili strategi stability

  3. Kuadran 3 mewakili strategu survival

  4. Kuadran 4 mewakili strategi diversifikasi

Dan setiap kuadran juga diberikan bantuan straetgy yang cocok digunakan untuk perusahaan/organisasi, seperti yang diberikan pada gambar berikut yang diambil dari bahan kuliah Mister Konsultan saat sedang mengambil gelar marter di SBM ITB.


Dengan menetapkan strategi inilah yang kemudian dapat memberikan masukan tentang bentuk struktur organisasi yang sesuai dengan strategi yang diambil, sehingga penetapan strategi ini merupakan sebuah tahapan yang sangat penting dalam sebuah organisasi/perusahaan.


Pada implementasinya tidaklah berhenti pada tahap penentuan strategi saja namun dari faktor internal dan eksternal juga dilakukan analisis dengan menggunakan TOWS matriks untuk menyusun strategi-strategi seperti:

  1. SO Strategi yaitu bagaimana menggunakan strength yang dimiliki untuk memanfaatkan opportunity yang ada.

  2. WO Strategi yaitu bagaimana mengatasi weakness yang dimiliki untuk tetap mendapatkan opportunity.

  3. ST Strategi yaitu bagaimana menggunakan strength untuk mengatasi threats yang dihadapi.

  4. WT Strategi yaitu apa yang perlu dilakukan agar weakness dan threats tidak menghalangi dalam mencapai tujuan.


Dengan bantuan TOWS matriks juga akan memberikan bantuan bagi organisasi/perusahaan dalam menentukan struktur organisasi dan analisis lanjutan untuk mencapai tujuan organisasi/perusahaan.


Bagi organisasi/perusahaan dan teman-teman yang berencana untuk memformulasikan strateginya silahkan menghubungi Mister Konsultan melalui email didikurniadihalim@gmail.com


6 views
Never Miss a Post. Subscribe Now!

Silahkan tinggalkan Alamat Email untuk mendapatkan semua tulisan terbaru dari Mister Konsultan

atau hubungi Mister Konsultan melalui email

didikurniadihalim@gmail.com

  • Grey Twitter Icon