• Didi Kurniadi Halim

They Are Different!

Pergeseran era industri yang berjalan seiring dengan bergesernya karakter SDM-SDM yang bekerja, perlu menjadi perhatian bagi para pelaku usaha/bisnis dan mulai menyesuaikan pengelolaan organisasinya sesuai dengan eranya.


Pada tulisan Mister Konsultan terdahulu, karakter generasi milenial berbeda dengan karakter generasi-generasi tua sebelumnya. Kemajuan teknologi membuat mereka lebih terbuka terhadap berbagai macam informasi sementara generasi tua terkadang tertutup terhadap berbagai macam informasi, mereka juga lentur (fleksibel) dapat bekerja dimana saja dan kapan saja dimana dulu generasi-generasi tua lebih suka bekerja teratur, mengerjakan hal yang sama dari hari ke hari dan sebagainya.

Kedua hal ini terkadang membuat mereka cepat dalam mengerjakan sesuatu. Hal-hal yang biasa dikerjakan oleh para generasi tua dalam waktu 1 hari full, mungkin saja para generasi milenial dapat mengerjakannya dalam waktu 2 – 3 jam saja sehingga mereka setalah itu bingung mau mengerjakan apa lagi.


Pemimpin atau leader yang memperkejakan para generasi milenial harus mulai menyadari akan hal ini dan mulai menyesuaikan bagaimana cara mereka mengelola para generasi milenial ini.


Gaya kepemimpinan yang “dictator”, komando, selalu merasa dialah yang benar tanpa melihat kondisi sebenarnya harus sudah mulai ditinggalkan dan bergeser kepada model kepemimpinan melayani, mendengarkan, memberikan kepercayaan, penyederhanaan proses tidak instan memiliki hubungan yang dekat dan akrab dengan sesame dan masih banyak lagi model-model kepemimpinan yang sebaiknya saat ini lebih banyak digunakan, karena jika kita selalu merasa para SDM adalah beban maka focus pikiran akan selalu pada bagaimana memperkecil beban tersebut.


Tapi jika menganggap para SDM ini adalah partner dalam bekerja, untuk mencapai tujuan organsasi/perusahaan yang sama, maka tentu akan lebih meringankan dan mengefektifkan setiap pekerjaan diorganisasi. Berikan SDM-SDM tersebut peran yang nantinya bisa dilihat hasilnya dan diberikan ceremonial atas pencapaiannya. SDM tersebut akan memberikan kemampuannya semaksimal mungkin dengan penuh kesadaran, tidak perlu dengan memberikan paksaan atau cara lain yang lebih keras.


Mister Konsultan, bekerjasama dengan Ryan Martian, penulis Buku HRM 4.0 secara rutin mengadakan sebuah workshop yang bertemakan HRM 4.0 akan membahas bagaiamana mengelola SDM-SDM milenial ini, apa yang harus menjadi dilakukan agar setiap elemen dalam organisasi/perusahaan mengetahui tujuan organisasi/perusahaan dan dengan penuh kesadaran akan bersama-sama mencapai tujuan tersebut.


Workshop akan diadakan di Bandung, bagi teman-teman yang berminat untuk mengikuti Workshop tersebut dan ingin bertanya lebih lanjut silahkan menghubungi email didikurniadihalim@gmail.com

Never Miss a Post. Subscribe Now!

Silahkan tinggalkan Alamat Email untuk mendapatkan semua tulisan terbaru dari Mister Konsultan

atau hubungi Mister Konsultan melalui email

didikurniadihalim@gmail.com

  • Grey Twitter Icon